from us n for us

Jumat, Maret 07, 2008

PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

A. Gambaran Umum Pekerjaan di Bidang Teknologi Informasi

Dengan posisi tenaga kerja di bidang teknologi informasi (TI) yang sangat bervariasi, menyesuaikan segala bisnis dan kebutuhan pasar, maka sangat sulit mencari standarisasi pekerjaan di bidang ini. Namun, setidaknya kita dapat mengklasifikasikan tenaga kerja di bidang teknologi informasi tersebut berdasarkan jenis dan kualifikasi pekerjaan yang ditanganinya. Berikut adalah penggolongan pekerjaan di bidang teknologi informasi yang berkembang belakangan ini.

Secara umum, pekerjaan di bid. teknologi informasi setidaknya terbagi ke dalam 4 kelompok sesuai bidangnya :

1. Kelompok pertama, adalah mereka yang bergelut di dalam dunia perangkat lunak (software), baik mereka yang merancang sistem operasi, database maupun system aplikasi. Pada lingkungan ini terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti misalnya :

a. Sistem analisis, merupakan orang yang bertugas untuk menganalisa sistem.

b. Programer, merupakan orang yang bertugas untuk mengimplementasikan rancangan sistem analisa, yaitu membuat program (baik aplikasi maupun sistem operasi).

c. Web designer, merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, anlisis dan desain terhadap sesuatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.

d. Web programer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer.

2. Kelompok kedua, adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras (hardware). Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti:

a. Technical Engineer, sering juga disebut dengan teknisi yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik mengenai pemeliharan maupun perbaikan perangkat sistem komputer.

b. Networking Engineer, adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai pada troubleshootingnya.

3. Kelompok ketiga, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional system informasi. Pada lingkungan kelompok ini pekerjaan-pekerjaan seperti :

a. EDP Operator, adalah orang yang bertugas megoperasikan programprogram yang berhubungan dengan electonic data processing dalam lingkungan sebuah peusahaan atau organisasi lainnya.

b. System Administrator, merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap sistem.

c. MIS Director, merupakan orang yang memiliki wewenang paling tinggi terhadap sebuah sistem informasi, melakukan manajemen terhadap system tersebut secara keseluruhan baik perangkat keras, perangkat lunak maupun sumber daya manusianya.

4. Kelompok yang keempat, adalah mereka yang berkecimpung di pengembangan bisnis teknologi informasi. Pada bagian ini, pekerjaan diidentifikasikan oleh pengelompokan kerja di berbagai sektor di industri teknologi informasi.

B. Profesi di Bidang TI sebagai Profesi

Julius Hermawan (2003), mencatat dua karekteristik yang dimiliki oleh software engineer sehingga pekerjaan tersebut layak disebut sebuah profesi. Dua karakteistik tersebut adalah kompetensi dan adanya tanggung jawab pribadi.

Kompetensi yang dimaksud yaitu suatu sifat yang selalu menuntut professional software engineer untuk memperdalam dan memperbaharui pengetahuan dan keterampilannya sesuai tuntutan profesi. Kedua adalah tanggung jawab pribadi. Yang dimaksud yaitu kesadaran untuk membebankan hasil pekerjaannya sebagai tanggung jawab pribadi.

Agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara baik dan benar, seorang software engineer perlu terus mengembangkan bidang ilmu dalam pengembangan perangkat lunak seperti misalnya :

1. Bidang ilmu metodologi pengembangan perangkat lunak.

Bidang ilmu tersebut mencakup teknik analisa masalah, desain atau perancangan sistem yang ada dan yang akan dibangun serta implementasi pemograman dari desain menjadi perangkat lunak siap pakai.

2. Manajemen sumber daya

Bidang ilmu tentang bagaimana merencanakan, mengadakan, mengawasi, dan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya untuk keperluan pengembangan perangkat lunak yang dibangunnya.

3. Mengelola kelompok kerja.

Merupakan bidang ilmu manajemen dan organisasi tentang bagaimana melakukan sinergi antar komponen dalam sebuah kelompok kerja untuk mencapai tujuan tertentu.

4. Komunikasi.

Merupakan bidang ilmu yang mempelajari teknik komunikasi dan interaksi dengan manusia lain.

Untuk itu, seorang software engineer idealnya merupakan seseorang yang pemiliki pendidikan formal setingkat sarjana atau diploma dengan ilmu yang merupakan gabungan dari bidang-bidang seperti :

a. Ilmu Komputer (Computer Science)

b. Teknik Rekayasa (Engineering)

c. Teknik Industri (Industrial Engineering)

d. Ilmu Manajemen

e. Ilmu Sosial (Social Science)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda